Penjelasan Lengkap Preposisi Waktu (Preposition of Time) : In, On, At

Hi, semuanya! Bagaimana kabarnya?

Pada kesempatan ini, kita akan sama-sama belajar tentang Penjelasan Lengkap Preposisi Waktu (Preposition of Time) : In, On, At.

(Photo by MART PRODUCTION: https://www.pexels.com/photo/man-in-brown-long-sleeves-polo-writing-on-a-notebook-7255288/)

Preposisi waktu "in," "on," dan "at" adalah preposisi yang paling umum digunakan dalam bahasa Inggris untuk menunjukkan waktu. Ketiga preposisi ini memiliki perbedaan penggunaan yang perlu diperhatikan agar kalimat yang kita buat terdengar natural dan benar.

Berikut adalah penjelasan singkat tentang penggunaan preposisi waktu "in," "on," dan "at":

In

  • Digunakan untuk menunjukkan periode waktu yang lebih lama, seperti bulan, tahun, dekade, atau abad.
    • I was born in January 1990. (Saya lahir pada bulan Januari tahun 1990.)
    • The Renaissance was in the 16th century. (Renaissance terjadi pada abad ke-16.)
    • The dinosaurs lived in the Mesozoic Era. (Dinosaurus hidup pada zaman Mesozoikum.)
  • Digunakan untuk menunjukkan waktu yang berulang, seperti pagi, siang, sore, malam, atau musim.
    • I go to the gym in the morning. (Saya pergi ke gym di pagi hari.)
    • She always has her breakfast in the afternoon. (Dia selalu sarapan di sore hari.)
    • The train departs in the evening. (Kereta berangkat di malam hari.)

On

  • Digunakan untuk menunjukkan hari tertentu atau tanggal tertentu.
    • I'll see you on Monday. (Aku akan bertemu denganmu pada hari Senin.)
    • Our anniversary is on July 15th. (Hari ulang tahun pernikahan kami adalah tanggal 15 Juli.)
    • The party is on Friday night. (Pestanya ada pada hari Jumat malam.)
  • Digunakan untuk menunjukkan hari libur atau acara khusus.
    • We celebrate Christmas on December 25th. (Kami merayakan Natal pada tanggal 25 Desember.)
    • Thanksgiving falls on the fourth Thursday of November. (Terima Kasih jatuh pada hari Kamis keempat bulan November.)
    • The company's annual meeting is held on the first Monday of March. (Rapat tahunan perusahaan diadakan pada hari Senin pertama bulan Maret.)

At

  • Digunakan untuk menunjukkan waktu yang spesifik, seperti jam, menit, atau detik.
    • The meeting starts at 3:00 PM. (Rapat dimulai pada pukul 3:00 sore.)
    • I'll pick you up at 6:00 PM. (Aku akan menjemputmu pada pukul 6:00 malam.)
    • The train arrived at 10:30 AM. (Kereta tiba pada pukul 10:30 pagi.)
  • Digunakan untuk menunjukkan momen tertentu dalam waktu.
    • At that moment, I knew I had made the right decision. (Pada saat itu, aku tahu aku telah membuat keputusan yang tepat.)
    • At the stroke of midnight, the fireworks began. (Tepat pada tengah malam, kembang api mulai dinyalakan.)
    • At the sound of the bell, the students ran out of the classroom. (Saat mendengar bel, para siswa berlari keluar dari kelas.)

Berikut adalah beberapa contoh kalimat menggunakan preposisi waktu "in," "on," dan "at":

  • In
    • I was born in 1990. (Saya lahir pada tahun 1990.)
    • The meeting is in an hour. (Rapat akan dimulai dalam satu jam.)
    • I go to the gym in the morning. (Saya pergi ke gym di pagi hari.)
  • On
    • I'll see you on Monday. (Aku akan bertemu denganmu pada hari Senin.)
    • Our anniversary is on July 15th. (Hari ulang tahun pernikahan kami adalah tanggal 15 Juli.)
    • The party is on Friday night. (Pestanya ada pada hari Jumat malam.)
  • At
    • The meeting starts at 3:00 PM. (Rapat dimulai pada pukul 3:00 sore.)
    • I'll pick you up at 6:00 PM. (Aku akan menjemputmu pada pukul 6:00 malam.)
    • At that moment, I knew I had made the right decision. (Pada saat itu, aku tahu aku telah membuat keputusan yang tepat.)

Semoga penjelasan ini dapat membantu Anda memahami penggunaan preposisi waktu "in," "on," dan "at" dalam kalimat bahasa Inggris.

Post a Comment

Previous Post Next Post