Mengenal Virus Komputer



A.      Virus Komputer
Virus computer meruakan program computer yang dapat menggandakan atau menyalin dirinya sendiri dan menyebar dengan cara menyisipkan salinan dirinya ke dalam program atau dokumen lainnya.
B.      Cara Kerja Virus
Virus computer umumnya dapat merusak perangkat lunak computer dan tidak dapat secara langsung merusak perangkat keras computer tetapi dapat mengakibatkan kerusakan dengan cara memuat program yang memaksa over process keperangkat tertentu. Efek negative virus computer adalah memperbanyak dirinya sendiri, yang membuat sumber daya pada computer (seperti penggunaan memori) menjadi kurang secara signifikan.
C.      Jenis-Jenis Virus Sesuai Cara Kerjanya
1.      Worm
Menduplikan dirinya sendiri pada harddisk.Ini membuat sumber daya computer (Harddisk) menjadi penuh akan worm itu.
2.      Trojan
Mengambil data pada computer yang telah terinfeksi dan mengirimkannya pada pembuat Trojan itusendiri.
3.      Backdoor
Hampir sama dengan Trojan. Namun Backdoor biasanya menyerupai file yang baik-baik saja. Misalnya game.
4.      Spyware
Virus yang memantau computer yang terinfeksi.
5.      Rogue
Merupakan program yang meniru program antivirus dan menampilkan aktivitas layaknya antivirus normal, dan memberikan peringatan-peringatan palsu tentang adanya virus, agar pengguna membeli dan mengaktivasi program anti virus palsu itu dan mendatangkan uang bagi pembuat virus rogue tersebut.Selain itu rogue dapat membuka celah keamanan dalam computer guna mendatangkan virus lain.
6.      Virus Ponsel
Virus yang berjalan di telepon seluler, dan dapat menimbulkan berbagai macam efek, mulai dari merusak telepon seluler, mencuri data-data di dalam telepon seluler, sampai membuat panggilan diam-diam dan menghabiskan pulsa pengguna telepon seluler.

Post a Comment

Previous Post Next Post