Iman Kepada Kitab Allah



Iman kepada kitab Allah merupakan rukun iman yang keempat. Al-Qur’an diturunkan Allah ke bumi secara berangsur-angsur, selama hampir 23 tahun. Al-Qur’an berisi pedoman serta petunjuk untuk umat manusia, selain itu didalamnya terdapat berita, ilmu pengetahuan, serta peringatan. Allah swt. menurunkan tiga kitab sebelum Al-Qur’an, yakni Zabur kepada Nabi Daud a.s., Tauran kepada Nabi Musa a.s. serta Injil kepada Nabi Isa a.s. Dengan diturunkannya Al-Qur’an kepada Nabi Muhammad s.a.w. Sebagai nabi terakhir, berarti ini mengisyaratkan bahwa masa berlaku kitab-kitab sebelumnya telah habis. Al-Qur’an merupakan mukjizat terbesar Nabi Muhammad s.a.w.
Beberapa keistimewaan Al-Quran, diantaranya :
1.        Bahasa yang digunakan dalam Al-Qur’an yakni bahasa Arab.
Bahasa Arab merupakan bahasa yang sangat istimewa dibanding bahasa yang lain yang ada di muka bumi ini. Karena memilki struktur Grammar terlengkap dan terbanyak, serta bhasanya bisa dilagukan. Menurut musicologist barat, orang yang membaca Al-Qur’an dengan dilagukan memiliki keindahan musik yang luar biasa.
2.        Tidak akan pernah merasa bosan untuk membaca dan mempelajari Al-Qur’an
Al-Qur’an walaupun dibaca berkali-kali tidak akan bosan. Berbeda dengan bacaan yang lain, seperti halnya majalah, novel, dan sebagainya. Karena Al-Qur’an bisa dilagukan, baik murotal maupun muzawaj. Selain itu karena Al-Qur’an merupakan kitab yang berisi firman-firman Allah yang dijaga sampai Hari Kiamat.
3.        Al-Qur’an merupakan sumber ilmu pengetahuan
Banyak ilmuwan Muslim maupun Non-muslim berlomba-lomba untuk menciptakan sesuatu hal dan hal tersebut teori dasarnya sudah tercantum dalam Al=Qur’an. Tinggal manusia yang harus berfikir. Misalnya di dalam Al-Qur’an terdapat informasi mengenai adanya air laut dan air tawar yang terdapat di tempat yang sama. Hal tersebut baru ditemukan akhir-akhir ini pada abad 20. Padahal Allah telah menginformasikannya dalam Al-Qur’an terlebih dahulu.

Post a Comment

Previous Post Next Post