Search Engine Terpopuler (Sejarah, Keuntungan, dan Kekurangan)

Pada Saat ini banyak sekali mesin pencari yang dapat digunakan oleh para pengguna internet. Namun disini saya akan memposting search engine yang paling banyak digunakan oleh para pengguna internet, paling tidak ada empat search engine. Yaitu :

1. Firefox
Mozilla Firefox (aslinya bernama Phoenix dan kemudian untuk sesaat dikenal sebagai Mozilla Firebird) adalah penjelajah web antar-platform gratis yang dikembangkan oleh Yayasan Mozilla dan ratusan sukarelawan.
Versi 3.0 dirilis pada 17 Juni 2008.
Situs : http://www.mozilla.com/firefox/
Berikut portable search engine Firefox :






Mozilla Firefox (aslinya bernama Phoenix dan kemudian untuk sesaat dikenal sebagai Mozilla Firebird) adalah peramban web lintas platform gratis yang dikembangkan olehYayasan Mozilla dan ratusan sukarelawan. Versi 3.0 dirilis pada 17 Juni 2008.
Sebelum rilis versi 1.0-nya pada 9 November 2004, Firefox telah mendapatkan sambutan yang sangat bagus dari pihak media, termasuk dari Forbes dan Wall Street Journal. Dengan lebih dari 5 juta download dalam 12 hari pertama rilisnya dan 6 juta hingga 24 November2004, Firefox 1.0 adalah salah satu perangkat lunak gratissumber terbuka (open-source) yang paling banyak digunakan di antara pengguna rumahan. 
Melalui Firefox, Yayasan Mozilla betujuan untuk mengembangkan sebuah peramban web yang kecil, cepat, simpel, dan sangat bisa dikembangkan (terpisah dari Mozilla Suite yang lebih besar). Firefox telah menjadi fokus utama perkembangan Mozilla bersama denganclient e-mail Mozilla Thunderbird, dan telah menggantikan Mozilla Suite sebagai rilis peramban web resmi Yayasan Mozilla.

Di antara fitur populer Firefox adalah pemblokir pop-upyang sudah terpasang di dalamnya, dan sebuah mekanisme pengembangan (extension) untuk menambah fungsionalitas tambahan. Meskipun fitur-fitur ini sudah tersedia untuk beberapa lamanya di peramban-peramban web lainnya seperti Mozilla Suite danOpera, Firefox merupakan peramban web pertama yang mendapatkan penerimaan dalam skala sebesar ini. Firefox ditargetkan untuk mendapat sekitar 10% pangsa pasar Internet Explorer keluaran Microsoft (peramban web terpopuler dengan marginyang besar (per 2004) hingga tahun 2005, yang telah disebut oleh banyak orang sebagai tahun kembalinya perang peramban web
Firefox telah mendapatkan perhatian sebagai alternatif kepada Internet Explorer sejak Explorer dikecam karena tuduhan ketidakamanannya—pihak yang setuju terhadap anggapan ini mengatakan Explorer tidak mengikuti standar Web, menggunakan komponen ActiveX yang sering membahayakan, dan kelemahannya terhadap pemasangan spyware dan malware—dan kurangnya fitur-fitur yang dianggap pemakai Firefox penting.  Microsoft sendiri telah merespons bahwa mereka tidak menganggap jika isu-isu mengenai keamanan dan fitur Explorer perlu dikhawatirkan.
Versi 2.0 diluncurkan pada 24 Oktober 2006. Pada versi 2.0 ini, Mozilla mempunyai bug (kelemahan) yaitu akan "crash" jika membuka web page (halaman Web) yang sangat besar dan memiliki JavaScript, namun hal ini telah diperbaiki. 
Versi terbaru firefox saat ini adalah firefox 8.0.1 bisa di unduh melalui website resmi Firefox.

E.      KELEBIHAN & KEKURANGAN
 Kelebihan :
·         Tersedia banyak fitur tambahan (add ons) yang menarik dan gratis seperti diantaranyaExtensionsPluginsSearch Engine dan Themes, yang bisa dibongkar pasang sesuai dengan kebutuhan pengguna.
·         Updatenya yang terintegrasi
·         Sistem Operasi : Lintas platform
·         Bahasa : Multibahasa
·         Karena sourcenya yang terbuka sehingga membuat para developernya di seluruh dunia bisa melakukan pengembangan (extension) untuk menambah fungsionalitas tambahan dan dengan cepat menutup celah keamanan yang ditemukan.
·         Kompatibel dengan beberapa web programming seperti JavaScriptPHPJavaPerl danPhyton.
·         Sistem security yang terus terjaga walaupun tak menutup kemungkinan masih ada celah yang ditemukan.
·         Dari sisi keamanan, juga mampu mencegah phising.
·         Download manager yang sudah terintegrasi di dalamnya yang mengijinkan pengguna untuk melakukan resume dan suspend proses download, serta masih dapat bekerja walaupun browser ditutup.
·         Kemudahan berselancar dengan tab akan membuat browsing lebih cepat dan praktis, yang memungkinkan pengguna dapat terus membaca suatu halaman ketika halaman lain sedang diload tanpa harus membuka banyak jendela
·         Browser ini dapat menghentikan iklan popup yang mengganggu saat berselancar. Ketika sebuah situs mencoba membuka popupFirefox mengijinkan user untuk mengendalikannya.
·         Cocok untuk membuka situs-situs multimedia seperti Youtube dan Metacafe.
·         Kemampuan untuk menjangkau sebuah site yang tidak dapat dibuka oleh browser lainnya.
·         Ukuran aplikasi yang relatif kecil, yaitu sekitar 4,7 MB.
·         Penampilan halaman yang lebih lapang dengan area toolbar lebih ringkas.
·         Fitur organisasi bookmark yang mampu mengorganisasi beberapa tab sekaligus.
·         Hasil cetak halaman secara otomatis diperkecil, sehingga tidak terpotong seperti halnyaIE.
·         Mesin pencari terkenal macam Google sudah bekerjasama dengan Firefox.
·         Proses instalasi yang mudah dilakukan dan browser dapat langsung dijalankan tanpa perlu melakukan banyak konfigurasi, serta pengguna dapat mengimpor favoritessetting,history, dan password dari browser lainnya.
·         Sistem Operasi: Lintas platform
·         Bahasa : Multibahasa

Kekurangan :
·         Loading lama saat start up, terlebih jika banyak add-ons yang terinstall
·         Untuk hal merender javascriptFirefox masih kalah cepat dengan Google Chrome, Safari,dan Opera.
·         Kadang-kadang bisa crash tiba-tiba karena management memory yang kurang baik
·         Waktu proses halaman situs tertentu lebih lambat, diperkirakan karena masalah kompatibilitas atau kesesuaian antara pengkodean halaman situs dengan browserMozilla Firefox.
·         Tidak terintegrasi dengan Outlook maupun Outlook Express, beberapa fasilitas e-mailtidak bekerja dengan baik, seperti melihat e-mail HTML maupun membuka link langsung dari e-mail di Outlook.
·         Tidak mendukung sinkronisasi dengan PocketPC Windows dan sinkronisasi USB-cradle, misalnya untuk men-download web calendar.
Instalasi plug-in tidak semudah pada IE, misalnya untuk menginstal Flash Player,ShockwaveJava Virtual Matchine diperlukan instalasi secara manual (tidak otomatis).Firefox juga tidak mendukung
sumber :
http://ririencuegbebeg.blogspot.com/2011/12/kelebihan-dan-kekurangan-mozila-firefox.html


2. Google Chrome
Google Chrome adalah sebuah penjelajah web sumber terbuka yang dikembangkan oleh Google dengan menggunakan mesin rendering WebKit.
Proyek sumber terbukanya sendiri dinamakan Chromium.
Situs : http://www.google.com/chrome
Berikut portable search engine Google Chrome :







Google Chrome merupakan browser yang dikeluarkan oleh Google, sebuah perusahaan search engine terkemuka didunia. Google Chrome juga dirancang agar berjalan secepat mungkin:
Cepat dimulai dari desktop, memuat laman web dalam sekejap, dan menjalankan aplikasi web yang rumit dengan sangat cepat.

Chrome pertama kali di rilis oleh Google pada tanggal 2, September, 2008 saat itu hanya untuk Microsoft Windows karena masih dalam status beta. Lalu pada 11, Desember di tahun yang sama Google Chrome di luncurkan untuk semua sistem operasi karena telah mencapai versi stabil.

Dan pada bulan Januari 2012, Google Chrome diperkirakan telah berhasil meraih presentase 25-28% dari keseluruhan pengguna browser dunia, membuatnya sebagai browser kedua atau juga ketiga paling banyak di gunakan setelah Mozilla Firefox, menurut sejumlah sumber.
Fitur Google Chrome : 



1. Pin Tab
2. Paste and GO/ Paste and Search
3. Drag and Drop Download
4. Resources Page
5. Task Manager
6. Perhitungan Cepat hasil dari Address Bar.
7. Drag dan text Box Resize pada Webpage
8. About : Memory
9. Application Shortcuts.
10. Bookmarks Sync ( dan AutoFills, Extensions ) Untuk Google Account
11. Reopen Tab

Kelebihan Google Chrome :



1. Tampilan :  Pada Interface dari Chrome terlihat bahawa google ingin para penggunanya lebih fokus pada web dan melupakan browser yang digunakan. Ini atinya Google Chrome memilii tampilan yang tidak mengusik dan nyaman ketika sedang digunakan
2. Aplikasi Web : Google memberikan opsi “Make Application Shortcut” . Dengan underline ini sebuah aplikasi web seperti GMAIL atau Google Teader dapat dijalankan lewat shrtcut pada Desktop atau Start Menu. Sehingga kelihatan seperti sebuah aplikasi lokal
3. Pengelolaan Memori : Pada setiap TAB yang dibuka di Chrome memiliki proses yang terpisah, sehingga ketika eror/crash pada salah satu ta tidak akan meyebabkan seluruh browser eror. (ini kekurangan yang terdapat pada FireFox dan browser lainnya)
4. Pencarian : Chrome memiliki fungsi pencarian yang sangat baik. Contohnya, chrome daat mendeteksi ketika pengguna pernah melakukan pencarian di suatu website dan memasukkan website tersebut dalam daftar penyedia pencarian.

Kekurangan Google Chrome : 


1. Privasi : Google menyimpan 2% interpretation pencarian pengguna, lengkap dengan alamat IP-a. Walaupun dalam beberapa waktu tertentu interpretation ini akan dianonimkan. Ini artinya google bisa saja tahu “siapa mencari apa dan dimana”
2. Celah Keamanan : Beberapa pakar confidence menemukan adanya lubang kecil/bugs pada chrome. Sehingga ketika membuka suatu halaman website akan membuat browser ini menjadi crash. Lalu Chrome juga memiliki underline Download Otomatis yang dikhawatirkan akan disalah gunakan oleh Hacker
3. Bahasa : Pada chrome ketika kita memilih untuk menggunakan dalam bahasa Indonesia maka akan terdapat beberapa kejanggalan dalam bahasanya.
4. Extensions : Pada Chrome tidak terdapat extension/plugin/addons yang dapat ditambahkan. Tidak seperti Firefox yang memiliki banyak aplikasi2 tambahan yang dapat membuat dan meningkatkan kinerja browser.

Sumber :

http://mgilangfl.blogspot.com/2014/01/sejarah-fitur-kelebihan-kekurangan_8.html

3. Internet Explorer

Internet Explorer, disingkat IE atau MSIE, adalah sebuah browser web proprieter yang gratis dari Microsoft.
Situs : http://www.microsoft.com/windows/products/winfamily/ie/default.mspx
Berikut portable search engine Internet Explorer :




Windows Internet Explorer (dulu dikenal sebagai Microsoft Internet Explorer, disingkat IE atau MSIE) adalah sebuah peramban web dan perangkat lunak tak bebas yang gratis dari
Microsoft, dan disertakan dalam setiap rilis sistem operasi Microsoft    Windows sejak 1995. Pada mulanya, Internet Explorer dirilis sebagai bagian dari paket Plus! for Windows 95 (Inggris) pada saat itu.


Internet Explorer digunakan secara luas sejak tahun 1999, meliputi 95% dari keseluruhan penggunaan peramban web selama tahun 2002 hingga tahun 2003 dengan Internet Explorer 5 dan Internet Explorer 6. Lama kelamaan, ia kehilangan pangsa pasar sejak terlibat dengan kompetisi peramban web, dan kini meliputi 55,92%. Microsoft telah menghabiskan dana hingga 100 juta dolar per tahun untuk mengembangkan Internet Explorer pada tahun 1990an, dengan 1.000 orang yang bekerja di dalamnya.

Sejak rilis pertamanya, Microsoft telah menambahkan fitur dan teknologi seperti penampilan tabel dasar (di versi 1.5), XMLHttpRequest (Inggris) (di versi 5) yang membantu pembuatan halaman web, dan Nama Domain yang Terinternasionalisasi (di versi 7) yang memungkinkan situs web yang menggunakan alamat berkarakter non-Latin (seperti karakter Kanji) diketikkan secara normal pada address bar Internet Explorer.

Rilis stabil Internet Explorer paling baru adalah Internet Explorer 9, yang tersedia sebagai pembaharuan gratis bagi Windows 7, Windows Vista, dan Windows Server 2008.


Kelebihan Internet Explorer : 


1. Menyediakan add-ons, walaupun tidak sebanyak Firefox
2. Khusus IE8, tampilannya lebih elegan dan menarik
3. Bagi pengguna Windows Live maka akan di manjakan dengan tab bookmark yangterhubung ke fitur-fitur  milik Windows Live
4. Bisa dipasang Google Chrome Frame agar lebih cepat


Kekurangan Internet Explorer :
1. Gagal membaca script dibeberapa halaman situs (khususnya CSS)
2. Agak berat saat start awal dan saat membuka tab baru
3. Terlalu banyak menu/command bar, sehingga bagi orang awam akan sedikit membingungkan dan terkesan kurang praktis, tapi bisa dimodifikasi.

Sumber :


http://ryniii702.blogspot.com/

4. Opera


Opera adalah penjelajah web dan paket perangkat lunak Internet antar-platform.
Opera terdiri dari kumpulan perangkat lunak untuk Internet seperti penjelajah web, serta perangkat lunak untuk membaca dan mengirim surat elektronik.
Situs : http://www.opera.com/download/

Berikut portable search engine Opera :


 Opera dikembangkan oleh software company adalah salah satu Web Browser dan juga internet suite. Jika firefox punya add – ons, Opera punya “Opera Widgets”. Sebuah aplikasi web kecil yang dilankan bersamaan dengan Opera yang mempunyai kegunaan tertentu, layaknya Add – Ons Firefox.
Kelebihan :
1. Ringan
2. Memiliki email client dan rss sendiri, jadi tidak perlu memakai email client lain seperti Outlook, Thunderbird dan lainnya.
3.  Pemanggilan kembali cache sepat
4.  Diklaim sebagai browser tercepar di dunia ( pada versi turbo )
5.  Fitur keamanan situsnya lebih lengkap untuk menangkal virus dari internet yang merusak dan mevuri data dari computer anda.
Kekurangan :
1.  Agak lambat dalam membaca script pada beberapa halaman situs
2.  Untuk mengupdatenya harus mendownload kembali file masternya
3.  Sering error jika digunakan untuk menyimpan halaman
4.  Tidak bias meneriman format tetentu seperti XML dan ada beberapa situs developer game yang tidak bias dibuka.


Sumber :
http://miftadwi53.blogspot.com/2013/11/macam-mesin-pencari-kelemahan-dan.html

Post a Comment

Previous Post Next Post