RADIO ANNOUNCER COMPETITION AND BROADCASTER SHARING SESSION SWARAGAMA FM


Rabu, 25 Maret 2015

RADIO ANNOUNCER COMPETITION

Menjadi seorang mahasiswa Sastra Inggris, rasanya belum lengkap kalau tidak mengikuti berbagai kompetisi , seperti Radio Announcer Competition yang diadakan oleh SWARAGAMA FM di FIB Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY). Ini merupakan pengalam pertama saya mengikuti lomba Penyiar Radio. Sebuah pengalaman yang sangat mengesankan. Sebelum kompetisi dimulai terlebih dahuli pihak SWARAGAMA FM memberikan Broadcaster Sharing Season. Dalam sesi tersebut saya bisa mengetahui bahwa berbicara itu tidak hanya berbicara tetapi juga berbicara yang mempunyai value. Menjadi seorang penyiar selain harus berwawasan mengenai lagu, tetapi juga mempunyai karakter yaitu menemani pendengar, meskipun sebenarnya mood -nya sedang tidak ceria. "Menjadi sahabat dan menjadi Entertainer" adalah seorang penyiar radio. Selain itu saya juga bisa mengetahui bahwa ada beberapa orang penting, diantaranya:
1. Penyiar,
2. Mix Man adalah orang yang memproduksi iklan di radio,
3. Manajer Program adalah orang yang membuat program,
4. Reporter,
5. Produser Program adalah orang yang menentukan konten-konten,
6. MD atau Music Director adalah orang yang bertanggung jawab dalam alur musik,
7. Voice Talent, dll.
Hal yang perlu juga diperhatikan seorang penyiar adalah attitude.
Pengalaman yang sangat menyenangkan dan memberikan makna bagi kehidupan saya. Walaupun pengumuman finalisnya nanti malam jam 8 saya tenang-tenang aja, karena yang penting pengalamannya terlebih dahulu, baru kalau ada kompetisi lagi saya akan mengikuti lagi.
Terimakasih SWARAGAMA FM atas semuanya. :D

Post a Comment

Previous Post Next Post