TALKSHOW WORLD OF BRANDING @CrastFM di UPN Veteran Yogyakarta

World of Branding
@CrastFM
Di UPN Veteran Yogyakarta

Yogyakarta, 29 Maret 2015

Hari ini sangat seru sekali, saya telah mengikuti Talk Show mengenai World Branding di UPN Veteran Kampus II BabarsariPembicaranya sangat hebat sekali. Pembicara yang pertama adalah Mba Wina Lia, beliau sangat hebat sekali, karena telah berhasil nge-branding dirinya di internet hingga beliau diundang ke beberapa stasiun TV serta on air di radio Jepang juga Malaysia. Menurut beliau, iklan mengenai rumahnya mulai booming 7 Maret 2015. Beliau juga memberikan tips, bahwa jadilah diri sendiri serta positive thinking.Walupun beliau sudah berkepala 4 namun kelihatan sangat muda dan cantik, katanya beliau sering mengkonsumsi air putih untuk menjaga kecantikannya. Hal yang seru adalah ketika beliau menceritakan kisah-kisah unik mengenai iklan rumahnya. Yang pertama adalah ada seorang pria yang datang langsung ke rumahnya berusia 65 tahun hanya untuk meminangnya dan bukan untuk membeli rumahnya yang berharga 1 Milyar. Ada juga kapten, serta major, bahkan brondong yang mencoba mendekati beliau. Mba Wina Lia ini sangat ramah. Beliau juga mempunyai dua putri, yang pertama berusia 22 tahun dan yang terakhir berusia 14 tahun. Selain di salon beliau juga sekarang mulai merintis di dunia entertainment. Bahkan beliau mempunyai satu buah lagu yang diciptakan oleh Bapak Yono. Dan sekarang judul lagu tersebut adalah Rumah Cinta. Saya sangat kagum dengan Mba Wina Lia. Hebat sekali. :D
Di TalkShow ini saya juga mempraktikan Senam Banana untuk membangkitkan semangat peserta. Keren sekali.
Pembicara kedua yaitu bapak Prayudi Ph. D. Beliau mempunyai prestasi di bidang PR atau Public Relation, beliau sebagai business consultan, staff pengajar di UPN Veteran Yogyakarta, dan sebagainya. Saya sangat tertarik dengan kata-kata beliau : "Ketika anda melamar pekeraan berarti anda nge-branding diri sendiri kepada perusahaan". Beliau menuturkan bahwa selain mem-brandingding perusahaan, brandng personal juga penting. Branding berarti berbicara dengan citra dan citra serta reputasi merupakan hal yang berkaitan dengan Public relation. Mengkomunikasikan brand adalah hal yang mahal. Beliau juga sempat bercerita sedikit mengenai kisah uniknya, yaitu kadang-kadang perusahaan tidak tau apa yang mau di brand. Beliau juga memberikan tips, pertama open-mindset, tekan ego, dan terakhir menjalani bisnis yang sedang dijalankan. Beliau juga memberikan materi How PR atau Public Relation Communicates Brand. Berikut peran PR :
1. PR membangun kredibilitas,
2. PR membangun kepercayaan,
3. PR membangun Keeratan,
4. PR membangun Hubungan,
5. PR membangun Pemahaman,
6. PR membangun Dukungan, dan
7. PR mengubah sikap dan persepsi.
Pengertian dari Brand itu sendiri adalah persepsi publik terhadap instansi anda yang dibentuk dari apa yang anda lakukan, dari bagaimana anda mempresentasikan produk anda hingga seberapa mudah menggunakan situs. Hal ini biasanya disebut titik kontak atau touchpoints. Perlu diketahui bahwa brand melekat dalam benak hati pelanggan, bukan hanya di kemasan, Ada hal yang lain yang harus diperhatikan yaitu Brand Activation, Brand Activation adalah interaksi antara publik dengan brand. Selain itu ada juga Engage/Experience. Brand Activation terdiri dari Engagement, Response, dan yang terakhir Purchase.
Pembicara Ketiga yaitu Mas Tano Nazoeaggi, owner dari Bakpiapia. Beliau juga alumni UPN Veteran Yogyakarta. Kiat-kiat bersaing dalam usaha adalah berfikir bisa terkenal, mudah diingat, dan ada transaksi. Sekecil apapun usaha kita, namun usaha kita tersebut harus ditata. Beliau menuturkan bahwa yang terpenting itu adalah customers merasa keren dan produk kita sendiri mempunyai cerita. Beliau menjadi seorang Marketing Director dari 2010 - 2014, dan menjadi General Manager dari 2014 sampai sekarang. Beliau menuturkan bahwa Goal dari Bakpiapia adalah cemilan yang bisa jadi solusi kesulitan-kesulitan di seluruh dunia. Targetnya adalah anak muda dulu. Beliau menambahkan bahwa kita harus memikirkan manfaat kepada orang lain bukan hanya keuntungan saja. Bakpiapia memiliki inovasi yaitu Blasteran Cappucino dan Single Kacang Hijau, Merk is part of brand. Pada tahun 2012 Bakpiapia menyelenggrakan lomba KReapia sebuah lomba membuat bentuk bakpia.
Sangat senang sekali bisa bertemu orang-orang hebat di TalkShow World of Branding. :D
Terimakasih sekali @CrastFM 107.8 FM

Post a Comment

Previous Post Next Post