Universal Grammar or Tata Bahasa Universal oleh Irfan Suryana

Nama : Irfan Suryana
Kelas : Descriptive Linguistics B

Universal Grammar
Universal Grammar atau Tata Bahasa Universal adalah teori linguistik yang memberikan postulat prinsip-prinsip bahasa yang serupa pada semua bahasa. Teori ini berupaya menjelaskan pemerolehan bahasa secara umum, tidak spesifik untuk suatu bahasa tertentu. Tata Bahasa Universal mengajukan serangkaian pedoman yang bertujuan menjelaskan pemerolehan bahasa pada perkembangan anak.
Noam Chomsky mengembangkan teori Tata Bahasa Universal (Universal Grammar Theory) atau UG. Chomsky mulai mengembangkan kerangka kinerja ini pada tahun 1957. Menurut beliau tujuan dari setiap teori tata bahasa, seperti Tata Bahasa Universal,  adalalah kompatibel dengan tata bahasa dari semua bahasa di dunia (tujuan universalitas). 
Ada beberapa aspek yang menjelaskan bahwa bahasa di seluruh dunia pada dasarnya sama:
1.  Kata kerja atau verba adalah kata yang menyatakan perbuatan atau tindakan, proses, dan keadaan yang bukan merupakan sifat. Kata kerja pada umumnya berfungsi sebagai predikat dalam kalimat.
2. . Kata kerja transitif merupakan kata kerja yang selalu diikuti oleh unsur subjek
3. Kata kerja intransitif ialah kata kerja yang tidak memerlukan pelengkap. Kata yang berposisi sebagai predikat (P) tidak lagi diminta menerangkan untuk memperjelas kalimatnya, karena kalimat itu sudah jelas.
4. Kata sifat menjelaskan atau mengubah kata benda atau kata ganti menjadi lebih spesifik. Karena kata sifat mampu menerangkan kuantitas dan kualitas dari kelompok kelas kata benda atau kata ganti.
5. Kata ganti menggantikan benda atau sesuatu yang dibendakan.
6. Kata keterangan adalah jenis kata yang memberikan keterangan pada kata kerja, kata sifat, dan kata bilangan bahkan mampu memberikan keterangan pada seluruh kalimat. Kata keterangan dapat dibagi lagi menjadi beberapa bagian,
7. Bilangan adalah jenis kelompok kata yang menyatakan jumlah, kumpulan, urutan sesuatu yang dibendakan.
8. Kata tugas adalah kata yang memiliki arti gramatikal dan tidak memiliki arti leksikal. Kata tugas juga memiliki fungsi sebagai perubah kalimat yang minim hingga menjadi kalimat transformasi.
9. . Kata depan atau preposisi adalah kata yang selalu berada di depan kata benda, kata sifat, atau kata kerja untuk membentuk gabungan kata depan (frasa preposisional).
10. Kata hubung atau konjungsi adalah kata yang berfungsi menghubungkan dua kata atau dua kalimat.
11. Kata seru atau interjeksi adalah kata tugas yang dipakai untuk mengungkapkan seruan hati atau berbagai ungkapan perasaan.
12. Beberapa kata kerja diikuti oleh kata benda sebagai objek.
13. Sebuah preposisi juga berpengaruh pada  kata bendanya.
14. Kata kerja membutuhkan baik subjek dan objek, dan dapat mengambil sebagai objek baik frase kata benda sederhana atau kalimat lengkap.
15. Menaruh kata kerja tidak hanya memerlukan subjek dan objek, tetapi juga letak bendanya.
16. Selain argumen yang diperlukan, frase opsional tambahan juga dapat ditambahkan ke frase lainnya dalam sebuah kalimat.
17. Dalam kalimat “heads come before complements in VPs, PPs, Aps, and NPs”.
18. Bahasa-bahasa di dunia mengunakan butir-butir linguistik yang jenisnya sama,
19. Bahasa-bahasa di dunia memiliki jenis varian yang sama,
20. Bahasa-bahasa di dunia sama-sama mengunakan aturan gramatikal yang mendasari struktur butir-butir tersebut,
21. Bahasa tersebut menggunakan sistem perlambangan makna yang sama,
22. Pemerolehan bahasa melalui proses tahapan-tahapan yang sama, dan
23. Semua bahasa memiliki varian seperti idiolek, dialek, ragam, undak-usuk, dan register (Gumperz dan Hymes, 1972, Fishman, 1972, Halliday, 1979, Poedjosoedarmo, 1984).
24. Sinonim adalah persamaan kata dalam suatu bahasa dan memiliki arti yang sama. Setiap bahasa rasanya memiliki sinonim. Contohnya bahasa indonesia ada "dapat dan bisa" yang artinya mampu. Bahasa Inggris contohnya "pretty dan beautiful".
25. Antonim merupakan lawan dari suatu kata. Misalnya "besar dan kecil", "panjang dan pendek". Bahasa lain pasti mempunyai antonim atau lawan kata ini.
26. Ungkapan bisa diartikan sebagai perumpaan untuk menyatakan sesuatu.
27. Homonim merupakan kata yang memiliki tulisan sama tapi memiliki arti yang berbeda. Misalnya kata "Bisa" yang bisa berarti "dapat ataupun racun ular". Dalam bahasa Inggris misalnya ada kata "Bank", yang artinya bisa "tepi sungai ataupun tempat menabung uang".

Post a Comment

Previous Post Next Post