OPINI : WNI di Negeri Orang by Irfan Suryana

WNI di Negeri Orang
Banyak sekali Warga Negara Indonesa (WNI) yang menjadi tersangka di luar negeri.. Kasus terkini yaitu kasus Arun di Singapura. Arun ditangkap dengan tuduhan perampokan dengan menggunakan senjata tajam dan upaya penikaman korban yang bernama Kang Tie Tie. Sebagai warga Indonesia yang sedang merantau di negeri orang seharusnya dapat berperilaku sebagaimana mestinya, yaitu mematuhi tata tertib, dan menjunjung tinggi nilai serta norma yang berlaku disana. Jangan sampai malah menjelekan nama Indonesia di dunia internasional karena diakibatkan oleh perilaku atau tindakkan kita sendiri. Selain itu, seyogyanya seorang WNI harus berperilaku yang mencerminkan sikap seorang WNI yang baik
            Kasus-kasus yang telah terjadi tersebut memberikan pembelajaran bagi kita bahwa berkunjung atau merantau ke negeri orang tidaklah mudah. Karena tidak cukup hanya dengan modal uang untuk pergi kesana. Namun dibalik itu semua kita harus mempersiapkan banyak hal seperti mengetahui tata karma, nilai, norma, serta tata tertib yang berlaku disana. Jangan sampai sikap kita yang jelek yang terkadang dilakukan di Indonesia dibawa sampai ke negeri orang seperti membuang sampah sembarangan. Karena hal tersebut akan mempengaruhi pandangan orang terhadap Indonesia. Kita juga sering melakukan penilaian terhadap orang asing yang sedang berlibur di Indonesia. Kita bisa menyimpulkan karakter bangsanya dari sikapnya itu sendiri bahkan kita sampai berkata : “Oh ternyata sikap dan tindak perilaku negara A seperti itu”. Karena seolah-olah orang yang berkunjung atau merantau ke sebuah negara akan menjadi cermin dari negara asalnya.
            Sebagai warga Indonesia yang baik, tentu kita sangat ingin berbuat sesuatu hal kepada negeri yang tercinta ini. Salah satu hal yang bisa kita lakukan dari dalam diri kita sendiri adalah kita harus berusaha bersikap sesuai dengan karakter bangsa Indonesia. Karakter sebuah bangsa di mata dunia sangat bergantung kepada tindak perilaku dari warga negaranya sendiri. Indonesia sudah dikenal sebagai negeri yang memiliki sikap serta budi pekerti yang luhur. Oleh karena itu, jangan sampai gelar yang telah dimiliki sejak nenek moyang kita ini menjadi hilang atau diragukan karena ulah kita yang tidak mencerminkan kepribadian bangsa Indonesia.
            Berikut beberapa tips yang bisa dilakukan WNI yang mempunyai tujuan  pergi ke luar negeri :
Pertama, mempersiapkan skill bagi para WNI yang ingin mendapatkan pekerjaan disana. Jangan sampai dengan modal tekad saja ingin mendapatkan pekerjaan tanpa skill atau kemampuan yang memadai. Karena hal tersebut dapat mendatangkan peluang bagi kita untuk melakukan tindakan kejahatan. Kedua, mengenal kondisi negeri tujuan yaitu dengan mencari tahu peraturan-peraturan yang berlaku disana. Jangan sampai karena ketidaktahuan kita mengenai aturan tersebut menjadikan kita bersalah karena perbuatan yang sebenarnya kita anggap sebagai perbuatan yang lumrah atau biasa saja ternyata adalah sebuah kesalahan atau pelanggaran. Ketiga, memantapkan tujuan. Sebuah tujuan itu sangat penting karena akan menjadi patokan apa yang harus kita lakukan .

Pada intinya, dimanapun kita berada harus membiasakan diri beprilaku sesuai dengan kepribadian dan karakter bangsa Indonesia. Karena sikap kita akan menarik sebuah pendapat dari orang lain. Apabila kita sedang berada diluar negeri, maka kita harus menyadari bahwa kita adalah seorang tamu atau pendatang. Oleh sebab itu sudah semestinya seorang tamu mengetahui semua peraturan yang berlaku di dalam rumah sang pemilik.

Post a Comment

Previous Post Next Post