Resensi Buku : ENGLISH FOR PAUD : FRUIT by Dra. Theresia Ninung Pandamnurani, M Hum written by Irfan Suryana

Nama/NIM                  :Irfan Suryana/5130511018
Jurusan                        : S1 Sastra Inggris
Fakultas           :           Ilmu Budaya

METODE CEPAT DAN TEPAT MEMPERKENALKAN BAHASA INGGRIS SEJAK USIA DINI

1. Identitas Buku      
a. Judul                                    : ENGLISH FOR PAUD : FRUIT
b. Penulis                                 : Dra. Theresia Ninung Pandamnurani, M Hum (Therich Ninung)
c. Tempat Terbit                      : Yogyakarta
d. Cetakan dan Tahun Terbit  : ke-1, Oktober 2011
e. Halaman                              : 132 Halaman
f. Ukuran                                 : 155 X 21 cm
g. ISBN                                   : 978-602-98171-1-9
h. Harga                                  : Rp 25.000,00
2. Judul Resensi
“METODE CEPAT DAN TEPAT MEMPERKENALKAN BAHASA INGGRIS SEJAK USIA DINI”
3. Penulis
            Penulis adalah seorang dosen Bahasa dan Sastra Inggris Universitas Teknologi Yogyakarta dan telah berpengalaman mengajar lebih dari 30 tahun, English for Children juga telah digelutinya sejak kuliah di jurusan Sastra Inggris Universitas Gadjah Mada. Selain mengajar, Dra. Theresia Ninung Pandamnurani M Hum (Therich Ninung), yang juga magister American Studies dari UGM, merupakan penerjemah freelance untuk penerbit Gramedia Pustaka Utama, Serambi, BIP, dan lain-lain.
4. Pendahuluan
            Buku yang berjudul ENGLISH FOR PAUD berisi strategi mengajar yang dimaksudkan untuk membantu para guru atau pembimbing PAUD yang tidak berlatar belakang pendidikan bahasa Inggris untuk menyajikan pelajaran dengan menarik, tidak membosankan, dan efektif. Selain itu, buku ini tidak sarat dengan rumus gramatika atau kosa kata yang rumit tetapi disajikan dengan kontekstual atau tematis khusus mengenai buah-buahan.
5. Sinopsis
            Buku ini berisi 18 metode mengajar bahasa Inggris kepada anak usia dini untuk memperkenalkan aneka nama buah, rasa, dan warna buah. Metode tersebut diantaranya Fruit Mobile, Games, Topi Buah, Straw Fruit Puppet, Wayang Buah, Buku Mewarnai, Puzzle Buah, Buah-Buahan Segar, Flashcard Buah, Gerak dan Lagu, Sticker, Fruit Puppet Making, Finger Puppet Making, dan sebagainya. Masing-masing metode tidak berkaitan dan berisi beberapa aktivitas yang dijelaskan secara rinci mulai dari persiapan, target, alat, dan strategi pembelajaran.
6. Kelebihan dan Kekurangan
a. Kelebihan
Buku ini disusun secara sistematis namun sederhana, efektif, dan mudah diterapkan dan juga terjangkau. Dalam setiap metode terdapat ekspresi, struktur, dan permainan yang langsung dipraktikkan dengan siswa. Selain itu, pengajar dibantu dengan realia atau peraga yang membuat pembelajaran menjadi interaktif, konkret, dan variatif.
b. Kekurangan
            Materi dalam buku ini  tidak disajikan secara menarik, seperti tidak adanya ilustrasi dan terkesan monoton dalam setiap metode yang memungkinkan pembaca merasa jenuh dan kurang termotivasi untuk terus membaca dan mempelajari isi buku.
7. Kesimpulan

Sasaran dari buku ENGLISH FOR PAUD adalah guru, tentor kursus/les privat, mahasiswa, bahkan orang tua yang ingin mengetahui strategi mengajar bahasa Inggris khusus tentang buah-buahan kepada anak usia dini. Pengguna bebas memilih metode yang nantinya akan digunakan karena metode yang disajikan dalam buku ini bervariatif.

1 Comments

  1. Mas saya perlu buku English for PAUD, gmn cara mendapatkannya? Terima kasih.

    ReplyDelete

Post a Comment

Previous Post Next Post