Nama/NIM :Irfan
Suryana/5130511018
Jurusan : S1 Sastra Inggris
Fakultas : Ilmu Budaya
METODE
CEPAT DAN TEPAT MEMPERKENALKAN BAHASA INGGRIS SEJAK USIA DINI
1. Identitas Buku
a. Judul :
ENGLISH FOR PAUD : FRUIT
b. Penulis : Dra. Theresia Ninung Pandamnurani,
M Hum (Therich Ninung)
c. Tempat Terbit : Yogyakarta
d. Cetakan dan Tahun Terbit : ke-1, Oktober 2011
e. Halaman :
132 Halaman
f. Ukuran : 155 X 21 cm
g. ISBN :
978-602-98171-1-9
h. Harga : Rp 25.000,00
2.
Judul Resensi
“METODE
CEPAT DAN TEPAT MEMPERKENALKAN BAHASA INGGRIS SEJAK USIA DINI”
3.
Penulis
Penulis adalah seorang dosen Bahasa
dan Sastra Inggris Universitas Teknologi Yogyakarta dan telah berpengalaman
mengajar lebih dari 30 tahun, English for Children juga telah digelutinya sejak
kuliah di jurusan Sastra Inggris Universitas Gadjah Mada. Selain mengajar, Dra.
Theresia Ninung Pandamnurani M Hum (Therich Ninung), yang juga magister
American Studies dari UGM, merupakan penerjemah freelance untuk penerbit Gramedia Pustaka Utama, Serambi, BIP, dan
lain-lain.
4. Pendahuluan
Buku
yang berjudul ENGLISH FOR PAUD berisi strategi mengajar yang dimaksudkan untuk
membantu para guru atau pembimbing PAUD yang tidak berlatar belakang pendidikan
bahasa Inggris untuk menyajikan pelajaran dengan menarik, tidak membosankan,
dan efektif. Selain itu, buku ini tidak sarat dengan rumus gramatika atau kosa
kata yang rumit tetapi disajikan dengan kontekstual atau tematis khusus
mengenai buah-buahan.
5. Sinopsis
Buku ini berisi 18 metode mengajar
bahasa Inggris kepada anak usia dini untuk memperkenalkan aneka nama buah,
rasa, dan warna buah. Metode tersebut diantaranya Fruit Mobile, Games, Topi
Buah, Straw Fruit Puppet, Wayang Buah, Buku Mewarnai, Puzzle Buah, Buah-Buahan
Segar, Flashcard Buah, Gerak dan Lagu, Sticker, Fruit Puppet Making, Finger
Puppet Making, dan sebagainya. Masing-masing metode tidak berkaitan dan berisi
beberapa aktivitas yang dijelaskan secara rinci mulai dari persiapan, target,
alat, dan strategi pembelajaran.
6. Kelebihan dan Kekurangan
a. Kelebihan
Buku
ini disusun secara sistematis namun sederhana, efektif, dan mudah diterapkan
dan juga terjangkau. Dalam setiap metode terdapat ekspresi, struktur, dan
permainan yang langsung dipraktikkan dengan siswa. Selain itu, pengajar dibantu
dengan realia atau peraga yang membuat pembelajaran menjadi interaktif,
konkret, dan variatif.
b. Kekurangan
Materi
dalam buku ini tidak disajikan secara
menarik, seperti tidak adanya ilustrasi dan terkesan monoton dalam setiap
metode yang memungkinkan pembaca merasa jenuh dan kurang termotivasi untuk
terus membaca dan mempelajari isi buku.
7. Kesimpulan
Sasaran
dari buku ENGLISH FOR PAUD adalah guru, tentor kursus/les privat, mahasiswa,
bahkan orang tua yang ingin mengetahui strategi mengajar bahasa Inggris khusus
tentang buah-buahan kepada anak usia dini. Pengguna bebas memilih metode yang
nantinya akan digunakan karena metode yang disajikan dalam buku ini
bervariatif.
Mas saya perlu buku English for PAUD, gmn cara mendapatkannya? Terima kasih.
ReplyDeletePost a Comment