#UTY Competition Weeks 2015 Contoh Business Plan Kuliner written by Irfan Suryana



Yogyakarta, 8 December 2015
 
A. Executive Summary
Kedai “Lemangi 35” atau nasi lemang dan pelangi bubur Indonesia merupakan sebuah bisnis kuliner yang memilki konsep budaya atau tradisi dari35 provinsi di Indonesia dan menawarkan aneka nasi lemang dan bubur kacang ijo sebagai produkya. Terdapat banyak inovasi pada kedua produk tersebut, diantaranya inovasi pada nasi lemang adalah penambahan saus yang berbahan baku srikaya. Sedangkan inovasi pada bubur kacang adalah bubur tersebut tidak hanya dimasak dengan menggunakan kacang ijo namun bahan-bahan yang lain seperti nangka, ubi jalar, singkong, bahkan agar-agar dan disajikan dalam batok cup. Oleh karena itu,kedai “Lemangi 35”akan menjadi satu-satunya kedai yang menawarkan aneka nasilemang dan bubur kacang dengan konsep Indonesian culture di kota Yogyakarta bahkan Indonesia.
1. Mission Statement
Menyediakan kedai dengan konsep Indonesian culture dan menawarkan nasi lemang srikaya serta bubur kacang dengan berbagai inovasinya.Hal ini dimaksudkan agar pecinta nasi lemang dan bubur kacang ijo serta turis mancanegara dapat merasakan rasa dan sensasi yang berbeda yang hanya tersedia di Kedai “Lembu Pelampung”.
2. Keys to Success
Ada 4 kunci kesuksesan dari Kedai “Lemangi 35” ini yaitu,
a. Inovasi, nasi lemang dan bubur kacang ijo yang ditawarkan merupakan produk terbaru yang berada di pangsa pasar.
b. Keunikan, semua produk yang ditawarkan akan disajikan dalam batok cupdan piring anyaman bamboo. Selain itu, semua pelanggan dapat memasak nasi lemang mereka sendiri dan dapat melihat secara langsung proses penyajian pelangi bubur kacang ijo.
c. Keistimewaan, Kedai “Lemangi 35” merupakan satu-satunya kedai yang menawarkan berbagai aneka lemang dan bubur kacang ijo di Yogyakarta bahkan Indonesia. Untuk tempat, setiap pelanggan akan terpesona dengan kedai “Lemangi 35” karena disana terdapat  berbagai budaya Indonesia seperti senjata tradisional, miniature rumah adat, dan sebagainya. Jadi pelanggan akan menikmati makanan yang istimewa sekaligus dapat mengenal budaya Indonesia.
d. Keaslian, produk yang ditawarkan merupakan salah satu makanan tradisional Indoneisa yaitunasi  lemang khas Lampung yang dimasak dengan cara dipanggang menggunakan bambu muda serta bubur kacang yang berbahan dasar kacang ijo asli Indonesia.

B. Description of Business
Kedai “Lemangi 35” merupakan kedai yang bertemakan Indonesian culture yang menawarkan aneka lemang dan bubur kacang ijo dengan varian rasa serta menyuguhkan berbagai budaya Indonesia seperti rumah adat Joglo, musik tradisional, dan berbagai pernak-pernik khas Indonesia seperti senjata tradisional dari seluruh provinsi di Indonesia.
Tidak hanya itu,  para pelanggan akan merasa kagum dengan kebudayaan Indonesia karena para pegawai di Kedai “Lemangi 35”memakai berbagai macam pakaian tradisional dari seluruh provinsi di Indonesia.
1. Company Ownership/Legal Entity
No.
Nama Perusahaan
Kedai “Lembu Lemangi 35”
1.
Bidang Usaha
Kuliner
2.
Jenis Produk
Food
3.
Pemilik Usaha
Irfan Suryana
4.
Tempat, Tanggal Lahir
Ciamis, 16 Mei 1995
5.
Alamat Rumah
Dusun Sitularang Tonggoh RT 06 RW 06 Desa Situmandala Kecamatan Rancah Kabupaten Ciamis, Provinsi Jawa Barat
6.
No. Handphone
085294274539
7.
Pendidikan
Mahasiswa Sastra Inggris Universitas Teknologi Yogyakarta
8.
Pengalaman Kerja
1. Asisten Perpustakaan FIB UTY
2. Tentor SD
9.
Alamat E-mail

2. Location
Kriteria lokasi yang cocok untuk bisnis Kedai “Lemangi 35” adalah:
·        Berada di kota Yogyakarta
·        Dekat dengan tempat wisata
·        Memilki area parkir yang menampung 30 motor dan 8 mobil
Kriteria tersebut didasarkan pada target marketing yaitu turis lokal dan turis mancanegara.
3. Interior
Interior yang dibutuhkan di Kedai “Lemangi 35” adalah:
·        Meja makan panjang
·        Batok cup
·        Gamelan Lampung
·        Berbagai senjata tradisional dari seluruh provinsi di Indonesia yang ditempel di dinding-dinding kedai
·        Miniatur rumah adat Indonesia
4. Hours of Operation
Buka setiap hari jam mulai jam 06.30 s.d 21.00. Pemilihan jam operasional tersebut karena jenis makanan yang disajikan di Kedai “Lemangi 35” adalah lemang dan bubur kacang sehingga sangat cocok dikonsumsi di setiap waktu karena pada pagi dan malam hari bubur kacang disajikan hangat sedangkan pada siang hari disajikan dingin dengan penambahan es batu.
5. Products
Daftar Nasi Lemang yang disajikan di Kedai “Lemangi 35” adalah:
No.
Nama Makanan
Harga (Rp)
1.
Original Lemang
10.000
2.
Lemang Saus Srikaya
15000
3.
Lemang Asam Manis
15000
4.
Lemang Daging Panggang
17000
Daftar Bubur Kacang yang disajikan di Kedai “Lemangi 35” adalah:
No.
Nama Makanan
Harga (Rp)
1.
Original Bubur Kacang Ijo
5000
2.
Bubur Kacang Nangka
10.000
3.
Bubur Kacang Ubi Jalar
10.000
4.
Bubur Kacang Singkong
10.000
5.
Bubur Kacang Agar-agar
12.000
6.
Es Batu Bubur Kacang
12.500
                                           
6. Management



Penjelasannya adalah sebagai berikut:
No.
Jabatan
Diskripsi
Kualifikasi
1.
Owner
Pemilik bisnis
-
2.
Accounting
Mengelola proyeksi keuangan usaha
Ahli accounting
2.
Marketing
Berperan dalam promosi, sales, komunikasi pemasaran, dan berperan dalam pengembangan dan riset
Komunikasi aktif, memahami dan menguasai lapangan, senang dengan target, ahli di bidang marketing
3.
HRD
Melakukan persiapan dan seleksi tenaga kerja, pengembangan dan evaluasi karyawan, pemberian kompensasi dan proteksi pada pegawai,
Dapat berkomunikasi dengan baik, dapat mengoperasikan komuter dengan baik

4.
Waiter / waitress
Melayani pelanggan, mencatat pesanan pelanggan
Ramah, jujur, dan dapat berkomunikasi dengan baik
5.
Chef
Memasak nasi lemang dan bubur kacang, membantu pelanggan memasak nasi lemang
Ahli memasak dan kreatif
C. Marketing
1. Market Analysis
Kota Yogyakarta dikenal pula sebagai kota pariwisata karena banyak sekali tempat-tempat wisata yang ditawarkan, mulai dari pantai, candi, museum, dan sebagainya. Oleh sebab itu, tentu banyak turis lokal maupun mancanegara yang berkunjung ke Yogyakarta. Maka Kedai “Lemangi 35” akan menjadi salah satu tempat yang bisa dijadikan sebagai sarana untuk mengenal budaya dan keanekaragaman Indonesia dengan berbentuk kedai dengan makanan yang ditawarkan yaitu berupa aneka lemang dan bubur kacang yang tentunya sangat jarang di kota Yogyakarta.
2. Market Segmentation
Target pelanggan                 : Turis lokal dan turis mancanegara
Subtarget pelanggan            : Masyarakat kota Yogyakarta
Pelanggan lainnya                : Komunitas pecinta budaya Indonesia
3. Competition
Kedai dengan konsep Kedai  “Lemangi 35” hanya ada satu-satunya di kota Yogyakarta bahkan di Indonesia jadi pesaingnya punhanya kuliner yang hampir sama yang disajkan di Kedai “Lemangi 35” seperti:
a.     Warung Bubur Kacang Ijo Madura (Jalan Babaran, Yk)
+ Sudah populer di masyarakat
+ Harga murah dengan rasa yang lezat
+ Fasilitas mudik gratis
-  Tempat biasa saja
-  Kurang inovasi

b.     Warung Murni (Jalan Tanjung Baru, Gondokusuman, Yk)
+Rasa bubur yang gurih
+ Harga yang murah, hanya Rp 4000,00
-  Ukuran warung sempit
-  Area parkir sempit
4. Advertising and Promotion
Promosi Kedai “Lemangi 35” dilakukan dengan 4 cara yaitu:
a. Melalui berbagai macam media seperti media sosial (facebook, twitter, instagram), web, blog, dan forum di internet.
b. Melalui media cetak, seperti koran, majalah kuliner, pamphlet, brosur, dan spanduk.
c. Mengikuti pameran makanan.
d. Free Es Batu Bubur Kacang setiap hari Jum’at.
5. Strategy and Implementation
Adapun strategi yang digunakan Kedai “Lemangi 35” adalah sebagai berikut:
a. Promotion
Promosi Kedai “Lemangi 35” dilakukan melalui berbagai media, mulai dari media elektronik seperti radio, media sosial seperti facebook, dan media cetak seperti koran atau majalah.
b. Networking
Melakukan kerjasama dengan perusahaan atau organisasi tertentu adalah sebuah keharusan bagi Kedai “Kedai Lemangi”.Contohya, melakukan kerjasama dengan organisasi kesenian daerah untuk mempermudah pengadaan berbagai macam pernak-pernik khas Indonesia, seperti gamelan, senjata tradisional, dan sebagainya. Selain itu, Kedai “Lemangi 35” juga bekerja sama dengan hotel-hotel di Yogyakarta. Hal tersebut dmaksudkan agar mereka memesan makanan untuk para pengunjung hotel dengan adanya penawaran-penawaran khusus.
c. Surat Pelanggan
Surat pelanggan merupakan surat yang berisi komentar dari para pelanggan yang ditujukan kepada Kedai “Lemangi 35”. Surat pelanggan tersebut berbentuk seperti kotak yang diletakan didepan pintu keluat Kedai “Lemangi 35”.Hal ini dilakukan agar dapat dijadikan acuan untuk melalakukan beberapa perombakkan agar Kedai “Lemangi 35” tetap menjadi kedai yang penuh dengan inovasi dan selalu melakukan perbaikan-perbaikan demi sebuah kemajuan.

Lampiran
Lampiran 1. Biodata Ketua dan Anggota
A. Identitas Ketua
1.
Nama Lengkap
Irfan Suryana
2.
Jenis Kelamin
Laki-laki
3.
Program Studi
S1 Sastra Inggris
4.
NIM
5130511018
5.
Tempat, Tanggal Lahir
Ciamis, 16 Mei 1995
6.
E-mail
irfansuryana95@gmail.com
7.
No. Telepon/HP
085294274539

B. Identitas Anggota I
1.
Nama Lengkap
Siti Latifah
2.
Jenis Kelamin
Perempuan
3.
Program Studi
S1 Sastra Inggris
4.
NIM
5130511040
5.
Tempat, Tanggal Lahir
Sleman, 20 Mei 1994
6.
E-mail
faifa994@gmail.com
7.
No. Telepon/HP
085643935584

B. Identitas Anggota II
1.
Nama Lengkap
Marya Santika
2.
Jenis Kelamin
Perempuan
3.
Program Studi
S1 Sastra Inggris
4.
NIM
5130511060
5.
Tempat, Tanggal Lahir
Lampung, 18 Maret 1994
6.
E-mail
santika_marya @yahoo.com
7.
No. Telepon/HP
085328494669

Lampiran 2. Justifikasi Anggaran
1. Peralatan Penunjang
Material
Justifikasi Pemakaian
Kuantitas
Harga Satuan (Rp)
Jumlah (Rp)
Wajan
Alat penggorengan
2
120.000
240.000
Cutik
Alat penggorengan
2
20.000
40.000
Kompor gas 2 tungku
Pelengkap alat penggorengan
1
520.000
520.000
Citel
Untuk memasak bubur
4
40.000
160.000
Baskom
Sebagai wadah
10
15.000
150.000
Sinduk
Untuk mengaduk bahan
6
15.000
90.000
Ulekan
Untuk mengulek bumbu
2
30.000
60.000
Serok
Alat penyaringan
2
15.000
30.000
Sendok
Alat makan
8 lusin
20.000
160.000
Garpu
Alat makan
8 lusin
20.000
160.000
Batok cup
Digunakan dalam penyajian bubur kacan
100
5000
500.000
Piring dari anyaman bambu
Digunakan dlam penyajian lemang
100
5000
500.000
Sewa tempat
Sebagai kedai “Lemangi 35”
1
20.0000.000
20.000.000
Pakaian tradisional
Kostum pelayan
15
1000.000
15.000.000
Sub Total (Rp)
37.610.000

2. a. Bahan Habis Pakai (Nasi Lemang)
Material
Justifikasi Pemakaian
Kuantitas
Harga Satuan (Rp)
Jumlah (Rp)
Bambu
Sebagai wadah ketika memasak nasi lemang
1Buah
4000
4000
Daun pisang
Untuk membungkus
5 Ikat
2000
10.000
Beras ketan
Bahan utama
1 Kg
18.000
18.000
Santan
Bahan yang digunakan untuk membuat nasi lemang
1 Liter
10.000
10.000
Kemiri
Bahan ulekan
1 Ons
1000
1000
Bawang putih
Bahan ulekan
1 Siung
1000
1000
Bawang merah
Pengiring nasi lemang
1 Siung
1000
1000
Garam
Bahan penyedap
1 Bungkus
1000
1000
Telur
Bahan membuat saus
½ Kg
8000
8000
Gula merah
Bahan membuat saus
1 Buah
3000
3000
Sub Total (Rp)
57.000

2. b. Bahan Habis Pakai (Bubur Kacang)
Material
Justifikasi Pemakain
Kuantitas
Harga Satuan (Rp)
Jumlah (Rp)
Kacang Hijau
Bahan utama
1 Kg
10.000
10.000
Buah nangka
Bahan untuk membuat bubur kacang nangka
1 Kg
35.000
35.000
Ubi Jalar
Bahan untuk membuat bubur kacang ubi jalar
1 Kg
7000
7000
Agar rumput laut
Bahan untuk membuat bubur kacang agar-agar
1 Kg
20.000
20.000
Santan
Bahan untuk membuat rasa gurih
1 Liter
10.000
10.000
Madu
Bahan pemanis
150 ml
50.000
50.000
Susu
Bahan pemanis
1 Kaleng
9000
9000
Es batu
Pendingin
1 Plastik
2000
2000
Sub Total (Rp)
143.000

3. Lain-lain
Material
Justifikasi Penggunaan
Harga Satuan (Rp)
Jumlah (Rp)
Publikasi
Sebagai media promosi
500.000
500.000
Biaya Pekerja
Sebagai upah karyawan
500.000x10 orang
5000.000
Sub Total (Rp)
5.500.000
Total (Keseluruhan)
43.310.000

Post a Comment

Previous Post Next Post