Bagaimana Caranya Belajar Bahasa Inggris? Berikut 5 Cara Belajar Bahasa Inggris yang Bisa Dilakukan Mandiri

 

Bagaimana Caranya Belajar Bahasa Inggris?
Berikut 5 Cara Belajar Bahasa Inggris yang Bisa Dilakukan Mandiri

"Learning English is Full of Enjoyment"

ditulis oleh Irfan Suryana 

(https://www.pexels.com/photo/woman-in-yellow-jacket-holding-red-book-3762800/ by Andrea Piacquadio)

Bahasa Inggris merupakan salah satu bahasa Internasional dimana semua orang dari berbagai penjuru dunia, dari berbagai bangsa dan negara, dari berbagai agama dan golongan menggunakan bahasa Inggris untuk berkomunikasi dan saling bertukar pikian. Belajar bahasa memang tidak mudah karena diperlukan pembiasaan diri dalam menggunakannya. Pada hakikatnya, sebuah kemampuan perlu diasah dan terus dikembangkan, termasuk kemampuan bahasa dan orang  yang belajar bahasa sebaiknya memang menguasai empat kemampuan bahasa atau four language skills termasuk bahasa Inggris, yaitu mendengarkan, berbicara, membaca, dan menulis. Apabila bahasa Inggris tidak dipakai atau jarang digunakan di dalam kehidupan sehari-hari maka tidak menutup kemungkinan akan ada banyak kosa kata yang hilang atau lupa. Oleh sebab itu, berinteraksi secara rutin dengan bahasa Inggris merupakan salah satu cara agar kemampuan bahasa Inggris yang dimiliki semakin berkembang. Di Indonesia, berbagai macam lembaga kursus bahasa Inggris dan les privat semakin berkembang dari waktu ke waktu dan hal ini tentu saja memberikan dampak positif bagi mereka yang ingin belajar bahasa Inggris selain di sekolah. Selain itu, mereka pun dapat belajar bahasa Inggris secara mandiri jika mereka mau. Namun bagaimana caranya? Berikut lima cara belajar bahasa Inggris yang efektif yang bisa dilakukan mandiri.

1. Mendengarkan Podcast, Lagu, dan Berita Bahasa Inggris

(https://www.pexels.com/photo/happy-man-sitting-with-laptop-and-juice-in-park-3765030/ by Andrea Piacquadio)

Pernahkan kamu menonton film seperti film Hollywood yang tidak ada subtitles nya? Bagaimana rasanya? Bagi kamu yang sudah jago bahasa Inggris tentu hal ini tidak akan menjadi masalah, bukan? Namun bagi sebagian yang lain mungkin saja hal ini akan sangat menyulitkan mereka untuk memahami atau mengikuti alur cerita film. Oleh sebab itu, kemampuan mendengarkan perlu terus dilatih karena apabila seseorang sudah terbiasa mendengar kosa kata atau kalimat bahasa Inggris maka dia tidak akan kesulitan lagi untuk memahami percakapan atau dialog dalam bahasa Inggris. Ada berbagai cara untuk meningkatkan kemampuan mendengarkan, salah satunya dengan mendengarkan podcast, lagu, dan berita yang bahasa Inggris. Berikut beberapa aplikasi yang bisa pasang di ponsel yang dapat membantu untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, diantaranya BBC Learning English, JOOX Music, Spotify: Listen to New Music, Podcast and Songs, TuneIn: Live News, Sports & Music Stations, dan VOA Learning English: Listening & Speaking.

2. Merekam Pembicaraan Sendiri

(https://www.pexels.com/photo/woman-in-yellow-shirt-holding-cellular-phone-3765114/ by Andrea Piacquadio)

Kemampuan bahasa lainnya yaitu kemampuan berbicara. Di dalam kehidupan sehari-hari, banyak sekali orang yang merasa malu atau tidak percaya diri ketika harus berbicara bahasa Inggris. Mereka khawatir jika kalimat atau diksi yang mereka pilih untuk berkomunikasi salah atau membingungkan lawan bicaranya. Mereka pun takut jika sampai terjadi kesalahan grammar (tatabahasa) dan pronunciation (pelafalan). Sebetulnya, ketakutan dan kekhawatiran tersebutlah yang menyebabkan kemampuan berbicara mereka sulit untuk berkembang. Mereka sebaiknya terus practice atau latihan berbicara bahasa Inggris jika mereka ingin menguasai kemampuan ini. Mereka pun dapat mengetahui hal apa saja yang perlu ditingkatkan untuk menyempurnakan kemampuan berbicaranya. Ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk melatih kemampuan  berbicara bahasa Inggris, misalnya dengan berdialog bersama teman, merekam pembicaraan sendiri, atau menggunakan aplikasi untuk melatih pelafalan bahasa Inggris mereka, seperti dengan menggunakan aplikasi ELSA Speak – Learn English  Pronunciation.

3. Membaca Cerpen, Novel, Berita, dan Artikel Berbahasa Inggris

(https://www.pexels.com/photo/selective-focos-photography-of-man-in-white-sweater-reading-book-936133/ by nappy)

Membaca cerpen, novel, berita, atau pun artikel bahasa Inggris merupakan salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan membaca kita. Dengan membaca, seseorang akan mendapatkan kosa kata baru, mengetahui cara penggunaannya di dalam kalimat, dan memahami budaya tertentu.  Kegiatan membaca memang perlu dibiasakan sehingga akan menjadi sebuah kebutuhan setiap harinya. Ada beberapa aplikasi yang bisa digunakan untuk meningkatkan kemampuan membaca, seperti Wattpad – Read & Write Stories, Inkitt: Books, Novels, Stories, dan Lovel - FREE Story, Novel & Fiction

4. Menulis Tweet, Blog, Caption, dan Chat dalam Bahasa Inggris

(https://www.pexels.com/photo/woman-typing-writing-programming-7112/ by Startup Stock Photos)

Selanjutnya, seseorang yang belajar bahasa sebaiknya  memperhatikan juga sudah sejauh mana kemampuan menulisnya. Ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kemampuan menulis bahasa Inggris, misalnya dengan cara menulis tweet atau thread twitter bahasa Inggris, menulis blog, dan menulis caption di Instagram dengan menggunakan bahasa Inggris. Selain itu, chat dengan menggunakan bahasa Inggris pun ternyata mampu meningkatkan kemampuan menulis seseorang lho.

5. Menjalin Komunikasi dengan Native Speakers

(https://www.pexels.com/photo/therapist-giving-advice-3958375/ by Polina Zimmerman)

Native Speakers merupakan penutur asli bahasa tertentu. Dengan berkomunikasi dengan penutur asli bahasa Inggris, seseorang dapat memahami bagaimana caranya mereka berbicara dengan menggunakan bahasa Inggris, kosa kata atau diksi apa saja yang mereka gunakan untuk situasi tertentu, dan bagaimana mereka cara melafalkannya. Apabila kita tidak memiliki teman native speakers in real life”, kita pun bisa berkomunikasi dengan para native speakers melalui aplikasi, seperti HelloTalk – Chat. Speak & Languages for Free dan Doongle – Where your global journey begins.

Nah, itulah lima cara yang bisa dilakukan bagi kamu yang sedang belajar bahasa Inggris. Kelima cara diatas hanya tips saja lho. Boleh jadi kamu memiliki tips sendiri yang sangat efektif untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris. Apabila kamu memiliki tips lainnya, kamu pun bisa share di kolom komentar di bawah ini. Semangat belajar dan tetap optimis.

Post a Comment

Previous Post Next Post